(July 12th, 2009 by Kayu Sertifikasi, Jogja): Jawa Furni Lestari me-launching sistem elektrik Chain of custady atau disebut e CoC pada 10 Juli 2009 di Jogja. PT Jawa Furni Lestari telah mengundang para kolega untuk menyaksikan kelebihan e-CoC. Sekaligus para undangan dapat memberikan masukan untuk perbaikkan sistem tersebut.

Sistem ini merupakan kerangka database pohon sebagai bahan baku industri mebel Jawa Furni. “Dengan database ini, asal usul bahan baku funiture dapat ditelusur sampai tonggak kayu. Pohon dan hasil tebangan ditempeli sebuah label dengan nomor seri unik. Tentunya semuanya secara elektik dan sederhana,” kata Cahyo Kusworo, perancang software e-CoC.

Sebagai pilot project, hutan bersertifikat yang dikelola Koperasi Wana Manunggal Lestari Kabupaten Gunungkidul ditetapkannya. Jawa Furni memberikan tiga buah perangkat komputer kepada koperasi sebagai penyimpan data pohon. “Sistem ini dapat menjadi jembatan antara hutan yang sudah bersertifikat ekolabel dengan industri kayu,” kata Oki Widayanto, direktur eksekutif Jawa Furni. Kendala rekapitulasi dokumen lacak balak selama ini segera dapat diatasi, baik di simpul hutan, penggergajian, dan industri mebel.