Standar, Pedoman LEI dan Dokumentasi Teknis LEI




Standar LEI



Hutan memberikan manfaat majemuk bagi kehidupan manusia baik dari sisi ekonomi, sosial budaya maupun lingkungan. Untuk dapat mewujudkan secara seimbang ketiga manfaat tersebut dan memenuhi aspek keadilan antar generasi maka pengelolaan sumberdaya hutan menuntut pertimbangan yang bijaksana dan berwawasan jauh kedepan.



Pedoman LEI



Pedoman LEI merupakan panduan umum bagi penyelenggaraan kegiatan Sertifikasi PHPL, pedoman ini mengatur tata laksana Sertifikasi PHAPL termasuk tata laksana pengajuan keberatan atas keputusan sertifikasi.

Pedoman LEI dalam program Sertifikasi PHAPL dibagi kedalam tiga bagian utama:


Pedoman LEI seri 99-00 menerangkan Prasyarat Minimum bagi pelaksana sertifikasi yaitu lembaga Sertifikasi, Penilai Lapangan dan Panel Pakar.

Pedoman LEI seri 99-10 menerangkan Sistem Pelatihan, Mengenai Prasyarat Lembaga Pelatihan, dan Lembaga Sertifikasi Personel.

Pedoman LEI seri 99-20 menerangkan mengenai prosedur pelaksanaan Sertifikasi, Pengambilan Keputusan, Pemberi Keputusan, Pemberian Rekomendasi, Pelaporan dan penilikan (Surveillance).

Memastikan pelaksanaan sistem sertifikasi ekolabel yang kredibel



  


Dokumentasi Teknis LEI


Bagi Badan Pelaksana LEI:



Menyediakan landasan bagi pengembangan prosedur lain

Memberikan landasan bagi pelaksanaan akreditasi

Memberikan transparansi/keterbukaan yang diperlukan LEI agar dapat dipercaya oleh para pihak terkait (stakeholders) termasuk pemerintah, pengusaha di bidang kehutanan, Lembaga Sertifikasi (LS), Lembaga Sertifikasi Personel (LSP) Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan Masyarakat umum

Lembaga Sertifikasi:



Menyediakan kerangka kerja yang ringkas dan padat untuk menyusun program pelaksanaan sistem sertifikasi secara efektif

Menjadi acuan dalam penyusunan sistem mutu Lembaga Sertifikasi (LS)

Menentukan kinerja yang harus dicapai oleh badan sertifikasi untuk mendapatkan dan memelihara akreditasi dari LEI

Unit Manajemen:



Menjadi kerangka kerja dalam pencapaian pengelolaan hutan secara lestari

Menjadi rujukan bagi pelaksanaan penilaian internal (internal asessmen) di unit manajemen dalam rangka persiapan pengajuan sertifikat

Pihak yang Berkepentingan::



Menjadi rujukan untuk memahami sistem sertifikasi yang digunakan

Menjadi rujukan dalam proses pengawasan pelaksanaan sertifikasi

Menjadi rujukan dalam memberikan asupan (input) dan kritik terhadap pelaksanaan sertifikasi

Menjadi rujukan dalam memberikan asupan (input) dan kritik terhadap sistem sertifikasi



Dokumen Teknis LEI yang merupakan dokumen-dokumen yang dapat dirujuk untuk kepentingan penilaian ataupun dalam rangka penyusunan sistem mutu lembaga sertifikasi. Dokumen yang ada saat ini adalah mengenai Toolbox Verifier dan Verifikasi, Skala Intensitas Penilaian. Naskah Akademis memberikan latar belakang, kerangka pikir serta relevansi dari sistem Sertifikasi PHPL yang dikembangkan.

Publikasi ini disusun untuk kepentingan pelaksanaan Sertifikasi PHAPL di Indonesia. Pedoman dibuat terutama untuk memandu Badan Eksekutif LEI, Sekretariat dan Lembaga Sertifikasi serta pihak-pihak yang berkepentingan.




Bekerja Sama Dengan: