Roadmap Bidang Penguatan Kelembagaan LEI 2015-2019

Roadmap Bidang Penguatan Kelembagaan LEI 2015-2019

Roadmap Bidang Penguatan Kelembagaan LEI 2015-2019 150 150 lei

Bogor – Koran Kongres LEI | Kongres III Lembaga Ekolabel Indonesia (LEI) mengangkat empat bidang sebagai isu pokok yang direkomendasikan sebagai peta jalan organisasi lima tahun ke depan, yakni mengenai tenurial, jasa lingkungan ekosistem dan produk SDA non kayu, sinergi kebijakan pemerintah dengan inisiatif voluntary, dan penguatan kelembagaan LEI.

Pada bidang penguatan kelembagaan LEI, organisasi ini mengupayakan untuk memperkuat sosialisasi di tengah masyarakat, karena masih banyak pihak yang belum mengenal LEI dengan baik. Fund rising organisasi dinilai masih belum efektif serta koordinasi antarkamar masih lemah.

Penguatan kelembagaan LEI dinilai penting untuk meningkatkan peran organisasi dalam mengimplementasikan praktek pengelolaan sumberdaya alam yang lestari secara adil dan berkelanjutan. Bidang kelembagaan akan diperkuat dengan memperkuat peran MPA, mendorong keterbukaan dalam praktek pengelolaan SDA di sektor lain, dan memperkuat sumberdaya organisasi.

Garis besar yang dikembangkan LEI dalam memperkuat bidang kelembagaan dilakukan dengan cara memperluas konstituen dan keanggotaannya, membuat organ dan program pemsaran organisasi, mengelola fund rising organisasi dengan baik, meningkatkaan kapasitas internal LEI dalam koordinasi serta memperkuat SDM pelaksana.

Kongres III Lembaga Ekolabel Indonesia yang dilangsungkan pada 9-11 Oktober 2014 disponsori oleh dua grup perusahaan terkemuka nasional, yaitu APP dan RAPP. (Fahir)